asam lambung, gejala asam lambung

Gejala Asam Lambung Naik, Segera Diwaspadai!

Tak banyak orang mengetahui gejala asam lambung. Sehingga ketika gejalanya semakin parah, penanganan pun terlambat. Jika dibiarkan, ini dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Sebab itu, penting sekali untuk mengetahui gejala asam lambung. Apalagi ketika seseorang mengalaminya, biasanya ia akan serba salah mengatur posisi saking menyakitkannya penyakit ini.

Gejala asam lambung bisa dirasakan penyintas dan memburuk ketika setelah makan, berbaring, bahkan membungkuk. Bukan hal mudah menghadapi ini dalam keseharian.

Tapi sebelum membahas gejala asam lambung, mari bahas lebih lanjut penyakit satu ini!

Asam Lambung Naik

Dalam dunia medis, naiknya asam lambung dapat disebut juga sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD). Ini adalah penyakit yang disebabkan menumpuknya cairan berlebih di lambung yang naik kerongkongan.

Isi asam lambung tersebut bukan cairan biasa. Ia berisi zat kalium klorida, asam klorida, hingga natrium klorida yang berada di lambung.

Ketika zat-zat ini naik kerongkongan, maka lahirlah sensasi terbakar di bagian leher dan atau di bagian dada. Apabila terlalu sering terjadi, ia menyebabkan kerusakan saluran pencernaan.

pH tubuh asam, air alkali, kesehatan, sakit, gejala asam lambung

Gejala Asam Lambung

Seperti telah diulas, gejala utamanya adalah sensasi terbakar di bagian leher atau dada. Biasanya terasa sesaat setelah makan atau ketika berbaring. Selain itu, biasanya mulut terasa asam dan pahit.

Ada pula gejala-gejala lain yang menyertai, tergantung pengalaman masing-masing. Misalnya:

1. Mual dan mulas
2. Sakit dada
3. Sensitif pada jenis makan tertentu
4. Sendawa
5. Sering batuk
6. Benjolan di kerongkongan
7. Tenggorokan sakit
8. Suara serak
9. Sulit tidur
10. Asma

Selain gejala di atas, biasanya beberapa orang mengalami keluhan seperti begah, mulut berbau tidak sedap, berat badan turun tanpa alasan, susah menelan. feses berwarna gelap, dan sering kecapekan.

Ubah Gaya Hidup untuk Hindari Gejalanya

Selain diharuskan memakan obat-obatan, hal paling penting adalah melakukan perubahan gaya hidup. Dengan demikian, gejala GERD pun tidak akan kembali kambuh. Beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Jika memiliki berat berlebih, maka cobalah diet
2. Kurangi merokok
3. Jangan berbaring 2-3 jam usai makan
4. Meninggikan kepala saat tidur
5. Hindari pemicu asam lambung naik, misalnya susu, alkohol, makanan berlemak, makanan pedas, coklat, dan kopi.
6. Tidak memakan pakaian ketat

Selain itu, bantu seimbangkan asam lambung dalam tubuh dengan meminum minuman pH tinggi. Seperti Milagros, air minum yang pH-nya mencapai 9+++ dan memiliki antioksidan yang tinggi.

Mau minum Milagros? KLIK DI SINI

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

Scroll to Top