daun stevia, gula stevia, diabetes

Daun Stevia untuk Lawan Diabetes

Daun Stevia, atau Stevia Rebaudiana, merupakan tanaman herbal yang umumnya dapat ditemukan di negara Paraguay, Amerika Selatan. Sejak ratusan tahun yang lalu, tanaman ini juga dimanfaatkan untuk obatobatan dan juga pemanis untuk minuman teh.

Di Indonesia sendiri, daun stevia dapat tumbuh dengan baik jika terdapat di dataran tinggi >800 mdpl dan suhu udara mencapai 20-25 derajat celcius. Tak heran jika ia bisa berkembang di Garut, Cianjur, Bogor, dan juga Sukabumi yang cenderung sejuk.

Istimewanya daun stevia adalah ia mengandung senyawa steviosida. Kandungan satu ini memiliki tingkat kemanisan 200-300 kali lebih besar daripada sukrosa. Sebab itu, ia pun kerap digunakan sebagai alternatif pengganti gula putih yang kerap ditemukan sekarang.

Daun Stevia Bagi Penderita Diabetes

Selain karena rasa manisnya, stevia kerap kali dipilih karena dianggap pemanis alami yang sehat dan tanpa kalori. Stevia juga mempunyai indeks glikemik rendah, sehingga sangat cocok bagi orang-orang yang mengidap diabetes maupun obesitas.

Dalam beberapa penelitian telah membuktikan khasiat stevia. Salah satunya menyatakan bahwa dikarenakan steviosida itu nol kalori, maka ia memiliki fungsi antidiabetes yang sangat signifikan. Ia dianggap tidak merusak kestabilan kadar gula darah.

Pada penelitian lainnya, para ahli juga mendapati stevia efektif menurunkan kadar glukosa darah dan insulin, pun dapat membuat rasa kenyang tahan lama. Bagi pasien diabetes, keinginan makan secara berlebih dapat dikontrol secara efektif.

Stevia sendiri telah diujicobakan preklinik pada makhluk hidup berpenyakit diabetes mellitus 2. Sebelumnya, makhluk hidup berupa tikus itu kerap diberi pakan tinggi lemak dan karbohidrat sehingga mengalami hiperglikemia.

Setelah diujicobakan selama satu pekan, hasilnya terlihat baik. Dibuktikan dengan kelompok yang diberi stevia mengalami penurunan kadar gula darah (GDP) hingga 31-38%. Dari sinilah disimpulkan stevia efektif untuk antidiabetes.

Keuntungan dari stevia bagi manusia lebih hebat lagi. Sebab dengan manfaat besar menurunkan kadar glukosa, ia juga tetap memenuhi hasrat manusia untuk mengonsumsi makanan manis tanpa khawatir adanya lonjakan gula berlebih dalam tubuh.

daun stevia, gula stevia, diabetes

Manfaat Lainnya Daun Stevia

Ada berbagai manfaat lainnya yang dimiliki oleh daun ini. Salah satunya, ia baik untuk mengontrol berat badan tetap ideal. Bagi yang diet, ini sangat cocok, karena memiliki kandungan non-kalori.

Selain itu, seperti dijelaskan di atas, stevia juga aman digunakan penderita tinggi kolesterol. Sebab dengan mengonsumsinya, dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, dan menurunkan kolesterol jahat.

Dan karena stevia mengandung kaempferol, peneliti menyatakan risiko kanker pankreas hingga 23 persen. Kaempferol sendiri adalah zat yang ada di antioksidan, dan juga terdapat di stevia.

Konsumsilah Stevia Sebagai Pengganti Pemanis Buatan

Dengan segala kandungannya, sangat dianjurkan untuk mengganti pemanis buatan yang dikonsumsi saat ini dengan stevia. Ia jauh lebih alami dan baik untuk kesehatan.

Bagi yang tengah diet, Anda bisa mengonsumsi stevia di dalam ProDeslim. Ia merupakan produk untuk Weight Management yang bahan utamanya adalah golden flaxseed, daun jati, anggur, dan juga daun stevia.

Mau membeli ProDeslim? KLIK DI SINI

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

Scroll to Top