obesitas, penyebab obesitas, diet

Penyebab Obesitas yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Obesitas yang Perlu Diwaspadai – Obesitas, sebuah kondisi di mana seorang individu mempunyai berat tubuh berlebihan, kegemukan, dan banyak kandungan lemak di tubuhnya. Tak ayal ini meningkatkan risiko beragam penyakit seperti diabetes, hipertensi, kanker, juga jantung.

Beruntungnya, penurunan berat tubuh sekecil apapun dapat mencegah masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas. Namun untuk itu, perlu diketahui penyebab obesitas agar dapat menyegerakan proses penanganannya.

Lalu apa penyebab obesitas yang perlu diketahui? Yuk simak artikel ini hingga tuntas!

Penyebab Obesitas

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan obesitas:

1. Kurang Bergerak dan Jarang Olahraga

Dalam penelitian Stanford University, inactivity atau kurangnya aktivitas menjadi salah satu penyebab utama lonjakan kasus obesitas di berbagai negara.

Jumlah kalori yang dikonsumsi tidak terbakar sepenuhnya akibat kurangnya aktivitas. Alhasil, sisa kalori itu pun menjadi lemak dan menumpuk di bagian perut.

2. Faktor keturunan atau genetik

Faktor genetik merupakan penyebab yang kerap terjadi. Anak yang berasal dari orangtua yang kegemukan lebih berisiko obesitas dibanding dengan anak dengan orangtua yang berat tubuhnya ideal.

Umumnya, genetik adalah penyumbang utama obesitas. Mengapa? Sebab ia memberikan instruksi pada badan untuk merespon perubahan di lingkungan. Tak heran jika susunan genetik berpengaruh pada berat tubuh.

obesitas, penyebab obesitas, diet

3. Pola makan yang kurang sehat

Salah satu penyebab utama lainnya adalah karena pola makan yang tidak sehat. Sebab asupan kalori yang tidak dijaga berpengaruh langsung pada berat badan kita.

Ia juga dipengaruhi oleh pilihan dan kebiasaan makanan. Misalnya:

1. Konsumsi fast food terlalu sering
2. Kerap skip sarapan
3. Berlebihan saat makan makanan berlemak
4. Malas makan sayur serta buah
5. Porsi makan terlalu banyak
6. Sering minum minuman manis

4. Penyebab obesitas lainnya: efek konsumsi obat

Beberapa penyakit yang memicu obesitas, misalnya sindrom ovarium polikistik.

Selain itu penggunaan obat tertentu juga menyebabkan berat berlebih. Seperti antidepresan, steroid, obat anti-kejang, obat diabetes, beta blocker, dan antipsikotik.

Minimalisir Potensi Obesitas!

Untuk mengurangi potensi obesitas, memperbaiki gaya hidup adalah sebuah keharusan. Mulai dari rutin olahraga, hingga menjaga asupan makanan.

Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi ProDeslim. Kandungan di dalamnya berfungsi untuk menahan rasa lapar, membakar lemak menjadi energi, dan mem-boost metabolisme.

KLIK DI SINI untuk mendapatkan ProDeslim

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

Scroll to Top