Bahaya Radikal Bebas yang Wajib Diwaspadai

radikal bebas, bahaya radikal bebas, antioksidan

Bahaya Radikal Bebas yang Wajib Diwaspadai – Belakangan, istilah radikal bebas kerap kita dengar. Dan sebagaimana yang digaungkan, dia memang memiliki bahaya besar yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Apalagi radikal bebas kerap ditemukan di mana saja.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bahaya radikal bebas, mari kita bahas dulu pengertiannya. Sehingga pemahaman terhadap bahaya satu ini bisa menyeluruh, dan kita bisa menghindarinya secara bijak.

Pengertian Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan atom dengan elektron yang tidak berpasangan. Karena tidak memiliki pasangan, ia bersifat sangat reaktif.

Sebenarnya, tubuh kita pun menghasilkan radikal bebas (endogen). Ia terbentuk dari sisa proses metabolisme, lemak, karbohidrat, hingga protein yang kita makan sehari-hari.

Namun ia juga bisa berasal dari luar tubuh (eksogen), misalnya asap kendaraan, bahan kimia, sinar UV, polusi udara, rokok, dan lain-lain.

Bahaya Radikal Bebas

Apabila tubuh memiliki terlalu banyak radikal bebas, maka tubuh berpotensi mengalami stress oksidatif. Tandanya, proteksi antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel jauh lebih sedikit dibanding jumlah radikal bebasnya.

Stress oksidatif bisa menimbulkan berbagai penyakit. Misalnya alzheimer, stroke, radang sendi, penyakit jantung, tukak lambung, hipertensi, hingga menimbulkan terjadinya penuaan.

Pada kasus radikal bebas akibat sinar UV, ia mengakibatkan beberapa gangguan terhadap kulit, seperti pigmentasi, kulit kemerahan dan iritasi, bahkan dalam jangka panjang, ia pun berisiko kanker.

Radikal bebas ini menyebabkan kerusakan DNA, sehingga berdampak pada proliferasi sel berkelanjutan. Dan inilah awal penyebab terbentuknya kanker.

Antioksidan Sebagai Penangkalnya

Seperti disebut sebelumnya, keberadaan radikal bebas dapat ditangkal dengan antioksidan. Antioksidan berfungsi dalam menstabilkan radikal bebas dengan cara melengkapi kekurangan elektron. Alhasil, ia pun menghambat reaksi destruktif dari bahaya radikal bebas.

Selain itu, pada dasarnya, antioksidan ini menyumbang radikal hidrogen yang menundatahap pembentukan radikal bebas.

Ada banyak alternatif sumber antioksidan di sekitar kita, mulai dari sayuran, buah-buahan, dan salah satunya yang tak kalah efektif adalah Milagros 9+. Selain mengandung pH tinggi, ia juga kaya dengan antioksidan.

Dapatkan Milagros dengan KLIK DI SINI

1 thought on “Bahaya Radikal Bebas yang Wajib Diwaspadai”

  1. Pingback: Air Alkali vs Air Mineral: Adakah yang Lebih Baik?

Comments are closed.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

Scroll to Top